DISPERINDAG Gandeng Radio Swasta Sosialisasikan Cinta Produk Dalam Negeri dan Konsumen Cerdas

 

Menurut Kepala Seksi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan, Drs.Oman Yanto,MM, kegiatan ini dilakukan pihaknya dalam rangka menyebarkan informasi kepada publik perihal gerakan cinta produk dalam negeri dan konsumen cerdas.

Digandengnya radio swasta di Wonosobo sendiri, bertujuan agar gerakan ini bisa disebarluaskan dan didengar masyarakat secara luas, dan kali ini pihaknya menggandeng radio Green FM untuk memberikan sosialisasi ini. Tidak menutup kemungkinan radio-radio swasta lain juga akan diikutkan untuk memberikan sosialisasi gerakan tersebut.

Sementara alasan dipilihnya ajang Minggu Ceria di alun-alun kota Wonosobo sebab ajang untuk mensosialisasikan kegiatan ini karena tiap hari Minggu pagi ratusan masyarakat Wonosobo yang datang ke alun-alun untuk olahraga maupun rekreasi, sehingga diharapkan pesan gerakan cinta produk dalam negeri dan konsumen cerdas bisa tersampaikan.

Untuk itu pihaknya menggandeng beberapa pihak swasta untuk ikut menyukseskan kegiatan ini, selain Radio Green FM, yakni PT. Daihatsu, PT. Astra, RM Harmony dan RM Enthog Gobyos.

Dalam kesempatan tersebut, masyarakat dihimbau untuk menjadi konsumen cerdas yakni teliti sebelum membeli, membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan, memastikan barang yang dibeli berstandar SNI, memperhatikan petunjuk manual garansi berbahasa indonesia dan memperhatikan masa kadaluwarsa barang.

Sedangkan melalui gerakan konsumen cerdas, diharapkan konsumen tidak lagi menjadi sasaran empuk promosi barang dan jasa yang diedarkan secara bombastis dengan mengelabui konsumen.

Konsumen harus bisa meneliti dan memastikan bahwa barang yang dibeli tidak akan merugikan dirinya dengan membeli atas kebutuhan prioritas tidak asal beli serta produk yang dibeli harus ber-Standar Nasional Indonesia seperti Garam Yodium SNI, Minyak Goreng Kemasan SNI, Tepung Terigu SNI, Helm SNI, serta Alat Elektronik misalnya asal Korea, Jepang dan China yang harus dipastikan ada kartu manual garansi berbahasa Indonesianya. Selain itu produk makanan harus dilihat masa kadaluwarsanya. Jika hal ini dilakukan oleh konsumen maka para pedagang akan berpikir ulang untuk menjual produk yang tidak standar karena tidak akan dibeli oleh konsumen.

 

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut diawali dengan senam pagi bersama, dilanjutkan dengan Fashion Show jelang Piala Dunia serta penyerahan tropi juara 1 sampai 3 sesuai kategori baik, anak, dewasa maupun umum. 

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan tanda *