5 Hari Digelar, WF 2014 Sukses Catat Transaksi Setengah Milyar Rupiah Lebih

 

Gelar forum temu bisnis, yang digelar di tengah perhelatan WF 2014, menurut Tri juga bisa dikatakan sukses. Mempertemukan para pelaku bisnis dari Indonesian Islamic Business Forum (IIBF), Carefour Indonesia, serta Kadin Propinsi Jawa Tengah dengan penggiat UKM se-Wonosobo, forum bisnis tersebut berhasil meningkatkan jumlah produk UMKM Wonosobo yang masuk ke Carefour. Bila sebelum kegiatan, baru 45 produk yang ber barcode, setelah bertemu langsung dengan para pelaku UMKM, pihak Carefour memutuskan untuk menerima tak kurang dari 63 produk makanan dan minuman olahan khas Wonosobo. Dari Kadin Jateng sendiri, menurut Tri juga merespons positif penyelenggaraan WF 2014. Sejumlah peluang pasar pun dibuka, mulai dari pemasaran tepung mocaf, tepung pisang, hingga tepung ketela ungu untuk PT Garuda Food sangat berpotensi diterima. Demikian pula dengan produk kerajinan patung replika, yang kemungkinan besar akan dipakai oleh PT Garuda Indonesia, untuk melengkapi merchandise mereka. Peluang-peluang baru yang terbuka lebar bagi produk UKM Wonosobo tersebut, diungkapkan Tri memang menjadi target panitia penyelenggara, disamping upaya meningkatkan kecintaan masyarakat untuk membeli produk asli Wonosobo.

Apresiasi terkait suksesnya penyelenggaraan WF 2014 juga disampaikan Sekretaris Daerah, Drs Eko Sutrisno Wibowo MM. Didaulat menutup secara resmi WF 2014, Eko mangaku sangat terkesan dengan penyelenggaraan Wonosobo Fair 2014. Kepada berbagai pihak yang turut berkontribusi aktif, seperti BUMN/BUMD melalui CSR mereka, maupun para pelaku UMKM sendiri, disebut Eko akan memiliki imbas positif terhadap masa depan sektor usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Wonosobo. Eko meyakini, dengan adanya upaya semua pihak untuk mendukung sektor industri mikro kecil dan menengah, derajat kesejahteraan masyarakat Wonosobo pun akan semakin meningkat di masa mendatang.

 

Sambutan positif terkait WF 2014 juga dikatakan Agus Wuryanto. Salah satu budayawan yang turut terlibat dalam penilaian beberapa lomba kreatif menyebut WF 2014 sangat berkesan. Melalui lomba foto produk UMKM, para peserta disebutkan Agus menjadi lebih mengenal produk-produk hasil kreasi para pelakunya. Dengan adanya kerjasama yang terjalin baik antara fotografer dengan pelaku UMKM, Agus meyakin, di masa mendatang, promosi produk UMKM akan lebih baik, sehingga berimbas positif bagi pengenalan produk khas Wonosobo, hingga ke kancah nasional dan Internasional.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai dengan tanda *