Posko Layanan Informasi CPNS Sudah Terima 500 Pengaduan
Menurutnya, mayoritas pengaduan antara lain terkait masalah NIK yang sudah terpakai, sulitnya login ke portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan portal mandiri. Banyak juga pelamar yang menanyakan masalah pengaduannya tidak ditanggapi Panselnas.
"Mereka sudah mengirim email pengaduan tapi belum ada jawabannya. Nah itu mereka tanyakan langsung ke sini," ujarnya.
Wasito menambahkan, untuk masalah-masalah umum seperti sulit login, biasanya langsung dibantu oleh tim posko. Namun, untuk masalah teknis memang diserahkan ke panselnas.
"Tidak semuanya bisa kita kasih solusinya, kalau yang umum bisa. Yang teknis biasanya kita arahkan ke panselnas langsung," terangnya.
Panselnas Hanya Layani Pengaduan yang Penuhi Prosedur
JAKARTA - Sebanyak 255 ribu pengaduan terkait masalah pendaftaran CPNS masuk ke Panselnas. Dari jumlah itu, hanya sepertiga atau 85 ribu saja yang benar pengaduannya.
"Ini pengaduan yang masuk setiap harinya 15 ribu sampai 17 ribu, sehingga kalau ditotal sekitar 255 ribu. Hanya saja yang pengaduannya benar cuma sepertiganya saja atau lima ribu per hari. Selebihnya pengaduannya kacau," kata Zainul Anwar Effendi, tim IT Panselnas di posko layanan informasi CPNS, Senin (8/9).
Dia menambahkan, akibat kesalahan pelamar itu menghabiskan waktu serta tenaga panselnas karena harus memeriksa satu persatu secara manual. "Banyak pelamar yang lupa passwordnya, salah ketik nama, tanggal dan tahun kelahiran. Nah kalau sudah begini tidak bisa diapa-apain lagi," ujarnya.
Zainul lagi-lagi mengimbau masyarakat untuk sabar menunggu balasan email. Sebab, kemampuan email untuk membalas pengaduan yang masuk hanya empat ribu sehari. "Panselnas hanya memproses email pengaduan yang benar-benar memenuhi prosedur," tegasnya.
Sumber : jpnn.com
0 Komentar